Selamat Datang ,  welcome  |  Masuk  |  Daftar  |  need help ?
Teknokers

Tips Kiat Menghemat Energi Listrik

tips cara menghemat pengeluaran biaya listrik Menghemat penggunaan listrik rumah tangga, yang perlu dilakukan adalah dengan menumbuhkan sikap dan prilaku hemat listrik ditengah-tengah keluarga, diantaranya
1. Gunakan daya tersambung listrik yang sesuai dengan kebutuhan listrik sehari-hari. 2. Pergunakan peralatan rumah tangga, khususnya peralatan elektronik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan 3. Budayakan kebiasaan hemat listrik sebagai perilaku sehari-hari seluruh anggota keluarga, seperti :

* Menyalakan/menggunakan peralatan listrik pada saat digunakan saja. * Menggunakan peralatan listrik secara bergantian. * Bila memungkinkan, gunakan listrik untuk menambah pendapatan rumaah tangga (kegiatan yang bersifat produktif)

Kiat Hemat Listrik untuk lampu penerangan:
* Gunakan lampu hemat energi yang terjangkau kualitasnya. * Biasakan menggunakan lampu penerangan jika tidak digunakan. * Gunakan ballast elektronik dan memasang kondensator untuk jenis lampu TL (neon). * Hidupkan lampu teras rumah pada saat menjelang malam dan segera matikan disaat matahari mulai terbit.

Kiat Hemat Listrik dalam menggunakan lemari Es / Kulkas :

* Pilihlah lemasri es dengan ukuran/kapasitas yang sesuai. * Pastikan pintu lemari es selalu tertutup rapat. * Jangan mengisi lemari es yang melebihi kapasitasnya, isilah lemari es sesuai kapasitasnya (secukupnya). * Hindari memasukkan makanan/minuman yang masih panas kedalam lemari es. * Aturlah suhu lemari es sesuai kebutuhan yang tidak terlalu rendah, karena semakin rendah suhu pendingin maka akan semakin banyak mengkonsumsi energi listrik.

Kiat Hemat Listrik dalam menggunakan Seterika Listrik :
* Pilihlah seterika listrik yang menggunakan sistem pengaturan panas otomatis. * Pada saat seterika, aturlah tingkat panas yang diperlukan sesuai dengan bahan pakaian yang akan diseterika. * Biasakan menyeterika sekaligus dan hindari bolak balik mencabut serta mencolokkan kembali seterikaan ke sumber listrik. * Bersihkan bagian bawah seterikaan dari kerak yang akan menghambat panas. * Segera matikan seterikaan sesudah selesai digunakan atau bila akan ditinggalkan untuk mengerjakan yang lain.

Kiat Hemat Listrik dalam menggunakan Tape Recorder, Radio dan Televisi :

* Matikan televisi, tado dan tape recorder serta peralatan audio visual lainnya bila tidak dilihat atau didengarkan. * Pastikan televisi, tado dan tape recorder benar- benar sudah dimatikan dari powernya, bukan dari sleep timer. Sebab menggunakan sleep timer tidak memutus aliran listrik.

Kiat Hemat Listrik dalam menggunakan Pompa Air :

* Gunakan tangki penampungan air dan menyalakan pompa air hanya bila air didalam tangki hampir habis. * Akan lebih baik apabila menggunakan sistem kontrol otomatis atau pelampung pemutus arus secara otomatis yang akan memutus aliran listrik ke pompa air bila air ditangki sudah penuh.

Semakin sering pompa air 'hidup-mati' maka akan semakin besar daya listrik yang dipakai. (orbit Unik)

0 comments: